Jumat, Februari 06, 2009

Sumber Daya Alam Morowali Anugerah Atau Bencana?

Kebanyakan manusia memandang alam adalah barang dagangan yang menguntungkan dan manusia bebas untuk melakukan apa saja terhadap alam, sebaliknya manusia yang menyadari adanya keterkaitan antara dirinya dengan alam lingkungan akan memandang alam sebagai sahabat yang tidak bisa dieksploitasi secara semena-mena.
Masalah kemiskinan dan lingkungan adalah dua masalah yang saling berkaitan. Rendahnya kesejahteraan masyarakat dapat berpengaruh terhadap rusaknya kualitas lingkungan karena dalam upaya mempertahankan hidup orang cenderung merusak lingkungan hidup untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Kab. Morowali salah satu kabupaten termuda di Provinsi Sulawesi Tengah mempunyai kekayaan alam yang luar biasa, hasil hutan, laut, barang tambang baik gas, batubara, minyak dan nikel. Tersedianya SDA ini sangat menarik investor baik lokal maupun internasional, berangkat dari hal tersebut timbul kekhawatiran apakah dengan kekayaan sumberdaya alam ini sebagi anugrah atau malah sebaliknya sebagai bencana?
Perusahaan tambang raksasa dunia mulai menanamkan tajinya dibumi Morowali, kegiatan-kegiatan pendekatan pada PEMDA serta masyarakat lokal termasuk pemberian beasiswa terhadap pelajar dan mahasiswa, keterlibatan para akademisi dalam AMDAl (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Pendekatan ini tak lain dan tak bukan agar perusahaan mereka tidak mendapatkan perlawanan yang berarti untuk mendapatkan tender yang hasil akhirnya berujung pada keuntungan yang sangat besar terhadap perusahaan. Sangat disayangkan apabila pelajar, mahasiswa dan akademisi yang kita harapkan sebagai ujung tombak untuk melawan perusakan lingkungan telah dikondisikan sehingga tidak bisa berbuat banyak terhadap kejahatan lingkungan yang terjadi di Morowali. Marilah sama-sama kita renungkan kembali bencana yang terjadi ditahun-tahun yang lalu berupa banjir, tanah longsor yang banyak memakan korban baik itu harta benda maupun korban nyawa di bumi Morowali bertitik tolak dari hal tersebut setidaknya kita harus lebih bijak terhadap alam ini, karena tanpa eksploitasi terhadap SDA sudah terjadi bencana, bagaimana kalau terjadi eksploitasi kekayaan alam morowali secara besar-besaran? jawabannya adalah bencana yang lebih besar akan terjadi dan masyarakat miskin yang jadi korbannya.
Dampak kekayaan alam terhadap lingkungan hidup sudah harus mulai mendapat perhatian yang lebih besar, kepedulian terhadap lingkungan hidup harus secepatnya dimiliki oleh setiap penduduk agar setiap sumber daya alam yang dimanfaatkan mengalami pelestarian alamiah yang seimbang.
(asho)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar